jump to navigation

Prakiraan Biaya Hidup Mahasiswa di Indonesia 14 Oktober 2012

Posted by wahyufauzy in Campur, seputar kampus.
Tags: , , , ,
trackback

Assalamualaikum Wr Wb.

Kembali (lagi) masbro,mbak sist, kali ini saya iseng-iseng pencat-pencet keyboard laptop saya, untuk sekadar berbagi informasi, cerita, sharing info-info yang mungkin bisa bermanfaat untuk anda semua.

Well, kali ini saya akan berbagi info tentang biaya hidup di kota-kota di Indonesia, khususnya untuk mahasiswa. Kemarin iseng-iseng saya googling tentang biaya hidup, ada artikel menarik perhatian saya, yaitu tentang biaya hidup di beberapa kota pendidikan di Indonesia.

Nah, berikut ini adalah perkiraan biaya hidup di beberapa kota besar di Indonesia :

1. Jakarta perkiraan Rp 1.200.000 per bulan

2. Bandung perkiraan Rp. 1.000.000 per bulan

3. Bogor perkiraan Rp. 950.000 per bulan

4. Yogyakarta perkiraan Rp. 850.000 per bulan

5. Semarang perkiraan Rp.900.000 per bulan

6. Purwokerto perkiraan Rp. 750.000 per bulan

7. Solo perkiraan Rp. 850.000 per bulan

8. Malang perkiraan Rp. 900.000 per bulan

9. Surabaya perkiraan Rp.950.000 per bulan

10. Jember perkiraan Rp. 900.000 per bulan

Jakarta masih menjadi kota pendidikan dengan biaya hidup termahal, dimana disana terdapat banyak perguruan tinggi baik yang negeri maupun swasta.

Biaya tersebut dibuat berdasarkan mahasiswa dalam status kost(kost standar),dan sudah termasuk tugas perkuliahan rata-rata, biaya tempat tinggal/kost, transportasi, makan namun belum termasuk uang kuliah/SPP dan belum termasuk biaya Semester dan praktikum.

Sedikit cerita, saya sendiri pernah tinggal dan belajar di salah dua kota di atas, yaitu di Solo dan Yogyakarta. Saya akui kedua kota yang pernah saya numpang untuk belajar ini memang sangat ideal dan kondusif untuk belajar, khususnya mahasiswa. Dengan biaya hidup yang menurut saya sangat murah,(850.000),dan angka sebesar itu sudah lebih dari cukup untuk satu bulan. Didalamnya sudah termasuk kos, makan, listrik, jajan, dan lain-lain.

Dan dari data diatas Jakarta merupakan kota besar yang biaya perbulannya paling tinggi, dan memang saya akui angka tersebut benar. Saya sendiri sekarang(14/10/12) masih berstatus mahasiswa yang nge-kost di pinggiran kota Jakartra(Bintaro, Tangerang Selatan). Rata-rata kiriman orang tua mahasiswa tempat saya belajar perbulan berkisar antara 800.000-1.200.000, sehingga angka sebesar itu bisa dijadikan perkiraan biaya hidup perbulan.

Sebenarnya angka pada kota-kota di atas bukanlah angka mutlak, masing-masing mahasiswa bisa saja kurang dari angka di atas, bisa sama dengan, atau bahkan bisa saja ada yang lebih dari angka-angka tersebut. Semua tergantung kebutuhan dan pola hidup tentunya.

Semoga data ini bisa membantu teman-teman yang bingung tentang perkiraan biaya hidup di kota tujuan.

 

 

BACA JUGA :

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

